Ramadhan Sudah Dekat, Warga Medan Rindu Makanan Ini - UMSU MRADIO FM

Breaking

Ramadhan Sudah Dekat, Warga Medan Rindu Makanan Ini

UMSU MRADIO FM - Gak berasa, kurang dari 100 hari lagi kita bakalan ketemu Ramadhan. Banyak banget yang pastinya dirindukan dari bulan yang penuh dengan ampunan ini ya, Teman Anak Muda, termasuk makanannya.

Nah, warga Medan pasti rindu banget dengan beberapa makanan ini:

1. Toge Panyabungan




Toge Panyabungan adalah nama makanan khas dari Kota Panyabungan, Kabupaten Mandailing Natal, Sumatra Utara. Kalau dengar namanya, orang akan mengira penganan ini sejenis sayuran.

Namun, toge panyabungan adalah minuman manis yang biasanya ada pada saat bulan Ramadan. Minuman ini sering menjadi menu favorit untuk berbuka puasa masyarakat Mandailing.

Sekilas toge panyabungan hampir seperti es campur atau es cendol. Namun yang membedakannya adalah isi yang terdapat dalam minumannya. Tidak hanya santan, gula merah, dan cendol, tetapi ada juga ketan, pulut hitam, pulut tape, candil, dan lupis.



2. Pakat




Pakat, makanan khas Mandailing, Tapanuli Selatan yang menjadi primadona menu berbuka puasa di Kota Medan.

Pakat terbuat dari rotan muda, cara pembuatannya cukup dibakar hingga matang kemudian dibuang kulit luarnya dan disantap dengan nasi sebagai lalapannya. Memakan pakat saat berbuka puasa, dipercaya dapat mengembalikan tenaga usai berpuasa seharian penuh.



3. Bubur Pedas




Gak kalah menarik dengan ta'jil sebelumnya. Ada bubur pedas yang dibuat dari puluhan rempah yang dimasak menggunakan tungku bakar. Walaupun cukup banyak bumbu rempah yang digunakan, namun rasa yang sangat dominan dari bubur ini adalah pedas. Oleh karena itu, bubur ini dinamakan dengan bubur pedas.

Tempat yang selalu menyajikan bubur pedas adalah di Masjid Raya Al Mashun Medan. Pihak masjid selalu membagikan bubur pedas saat bulan puasa. Uniknya, tungku yang digunakan untuk membuat bubur pedas sudah berumur puluhan tahun. Jadi, bisa dipastikan rasa bubur tidak berubah dari bubur yang pertama kali dibuat.



Itu dia, Teman Anak Muda makanan-makanan yang bisa buat kamu semakin rindu dengan bulan ramadhan. Khususna warga Kota Medan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar