Jenis Kanker yang Bisa Dideteksi Lewat Tes Darah - UMSU MRADIO FM

Breaking

Jenis Kanker yang Bisa Dideteksi Lewat Tes Darah


Hasil gambar untuk deteksi kanker

UMSU MRADIO FM - Kanker sering disebut sebagai silent killer alias pembunuh diam-diam karena sulit dideteksi. Itu kenapa dokter biasanya butuh melakukan serangkaian pemeriksaan medis panjang nan rumit guna memastikan diagnosis kanker pada pasiennya. Namun, kini para ahli telah menemukan bahwa sel kanker bisa dideteksi hanya dengan pemeriksaan darah. Lantas, jenis kanker apa saja yang bisa dideteksi lewat tes darah? Berikut penjelasannya.

Mendeteksi 8 jenis kanker lewat tes darah

 Hasil gambar untuk deteksi kanker

Diagnosis dini adalah kunci utama untuk menurunkan risiko kematian akibat kanker. Semakin cepat kanker ditemukan, maka semakin baik pula peluang kesembuhannya.

Nah, sebagai salah satu cara untuk mewujudkan diagnosis dini, tim ahli dari Johns Hopkins University School of Medicine di Baltimore. Amerika Serikat, menemukan cara mendeteksi kanker yang lebih mudah, cepat, dan efektif melalui tes darah.

Mereka berteori bahwa pada awal pembentukannya, sel kanker akan melepaskan protein dan fragmen kecil dari DNA ke dalam aliran darah. Nah, komponen inilah yang diyakini bisa membantu para peneliti untuk mendeteksi kanker lewat tes darah.

Setelah mencoba mengamati lebih dari 1.000 sampel darah, penelitian yang diterbitkan pada jurnal Science ini berhasil menemukan sebuah tes darah baru bernama “CancerSEEK”.

Tes darah ini mampu mengenali 16 mutasi gen dan 8 protein dalam darah yang berasal dari 8 jenis kanker. Jenis kanker tersebut meliputi kanker payudara, kanker paru, kanker kolon, kanker ovarium, kanker hati, kanker perut, kanker pankreas, dan kanker esofagus.

Apakah tes darah ini akurat?



tes viral load hepatitis

Tes darah CancerSEEK terbilang cukup ampuh untuk mendeteksi kanker. Tes darah ini mampu mengenali 70% kasus kanker dengan tingkat keakuratan yang berbeda-beda.

Tes darah CancerSEEK mampu mendeteksi kanker payudara dengan keakuratan hingga 33 persen, sedangkan untuk keakuratan deteksi kanker ovarium sebesar 98 persen. Jenis kanker lainnya memiliki tingkat keakuratan yang berkisar 69-98 persen.

Terlebih, sebanyak 83 persen pasien dapat mengetahui lokasi tumornya secara pasti melalui tes darah ini. Maka itu, tes darah CancerSEEK sudah tidak diragukan lagi untuk membantu mendeteksi kanker dalam tubuh.

Masih diperlukan penelitian lebih lanjut


ahli onkologi adalah dokter spesialis kanker

Meski menjadi angin segar dalam aspek diagnosis kanker, tes darah ini masih butuh penelitian lebih lanjut sebelum bisa dipergunakan secara massal. Pasalnya, hasil penelitian ini masih terbilang sederhana dan membutuhkan lebih banyak sampel untuk membuktikannya.

Bagaimanapun juga, upaya untuk mendeteksi kanker sedini mungkin adalah kunci utama untuk mengobati kanker sebelum terlambat karena penyakit ini biasanya tidak bergejala.

Jika Anda merasakan sesuatu yang tidak biasa dalam tubuh, sebaiknya jangan tunda lagi untuk periksa ke dokter. Semakin cepat Anda memeriksakan kesehatan, maka semakin cepat pula Anda mencegah penyakit sebelum berkembang lebih parah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar